Es mambo tekstur empuk rasa nikmat

es mambo
Salah satu jajanan minuman yang amat digemari segala kalangan khususnya anak-anak ialah es mambo. Mengapa bisa begitu? Unik adalah alasannya. Lalu kenapa bisa unik, uniknya di mana/yang mana? Unik karena cara menikmatinya dengan perlahan-lahan, sedikit demi sedikit, unik juga karena bentuknya kecil panjang, manis berasa buah/yg lainnya, teksturnya yang keras saat dipegang namun lembut saat digigit, dan rasanya dari awal gigitan hingga ujung sama nikmatnya. Terus harganya murah meriah, rata-rata 1rb-1500 rupiah saja, kalaupun ada yang 2000 itu biasanya spesial punya.
Demikian tadi adalah uraian singkat mengenai es mambo buatan saya. Es mambo bikinan orang lain mungkin berbeda, misalnya isinya bukan terbuat dari bahan dasar buah asli melainkan perasa manis buah seperti sirup dan lain-lain. Yang macam begitu biasanya teksturnya keras karena tidak mengandung serat sama sekali melainkan hanya air. Sifat dasar air jika dibekukan maka akan keras seperti batu, persis seperti es batu(batu es). Nah, disinilah letak keunikan es mambo buatan saya yang akan saya bagi resep rahasianya di postingan kali ini. Anda yang menemukan artikel ini dijamin tidak rugi karena telah mendapatkan rahasia pembuatan es mambo yang nikmat.

Langkah awal

Apa saja yg harus anda persiapkan?
1. Buah yang sudah matang. Kalau bisa yang sangat matang, empuk, dan manis. Misalkan mangga arum manis. Ciri mangga yang cocok= bagian pangkalnya(bagian yg menyambung ke tangkai daun) berwarna hitam terkesan kotor. Bagian daging buah terasa empuk jika dipencet.
buah mangga

2.Gula pasir secukupnya. Untuk takarannya disesuaikan dengan selera manis kita. Untuk buah 1kg biasanya saya menghabiskan 1/4 kg gula pasir.
3.Alat/mesin blender.
blender

4.Wadah,mangkok,sendok sayur,torong plastik kecil
peralatan membuat es mambo

5.Plastik es mambo ukuran 4x23 cm
6.Panci untuk wadah adonan es hasil blender
7.Air putih yang matang siap minum. Boleh di dalam teko ukuran besar atau wadah apa saja yang bersih.
8.Tali rafia 1m.tali ini untuk mengikat plastik es mambo nantinya. cara mengikatnya bisa dilihat di video youtube.
mengikat es mambo




Cara pembuatan es mambo

Berikut ini resep khas cara pembuatan es mambo ala saya.
-Mengupas kulit buah. Bersihkan dengan air bersih, lalu daging buah dipotong-potong dengan ukuran kecil-sedang.
potongan buah mangga

-Masukkan potongan daging buah ke dalam blender. Takarannya setara dengan 2 buah utuh.
-Masukkan juga air putih 3 -4 gelas ke dalam blender. Lalu blender selama kurang lebih 10 detik,pastikan daging buah telah lembut sempurna. Lalu matikan blender.
-Tambahkan gula pasir 6-8 sendok makan. takaran nya munjung ya, bukan peres.
-Tambahkan juga air putih hingga setinggi 3/4 volume blender. Lalu nyalakan kembali blender tersebut selama kurang lebih 1-1,5 menit agar semua bahan tercampur sempurna.
proses blender

-Adonan es mambo telah jadi. Tuang semua ke dalam panci penampungan.
-Ulangi lagi langkah-langkah di atas.
-Setelah adonan siap, selanjutnya tinggal memasukkan adonan ke plastik es mambo yang telah disiapkan. Ikat dan kumpulkan dalam wadah terpisah.
-Masukkan es mambo ke dalam freezer. Agar es cepat membeku, sebaiknya dilakukan pada malam hari (yang penting suhu sekitar freezer tidak terlalu panas). Siang hari saat hujan juga cocok.

Semua Es mambo akan membeku dalam waktu sekitar 12 jam.Kalau anda melakukan semua langkah tersebut di atas dengan sempurna, kemungkinan besar es mambonya akan lembut saat digigit. Meskipun keras, tetap ada tekstur lembutnya. Yang membuat lembut adalah adanya serat dari buah. Beda hasilnya bila tanpa menggunakan buah alias sirup/perasa buah, pasti keras seperti batu es.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Es mambo tekstur empuk rasa nikmat"

Post a Comment