Resep Ayam Ungkep

resep ayam ungkep
Resep membuat ayam ungkep ini saya peroleh dari istri saya. Istriku memang jago masak apalagi bikin kue. Awalnya karena iseng dan ingin mencoba menyenangkan anak saya yang doyan daging ayam. Sesekali mungkin kalau buatan ayahnya dia akan lebih suka (pikir saya biar lebih enak, tinggal diperbanyak bumbu dan dagingnya nya hehe). Dan inilah resepnya. Untuk postingan ini saya hanya mengangkat resep dasarnya saja ya, kalau kreasinya bisa anda coba-coba sendiri di dapur masing-masing. Baiklah kita akan langsung ke inti sari artikel khusus edisi gue banget ini :)


Cara membuat ayam ungkep cukup mudah, hasilnya juga sudah sering saya praktekkan dan rasanya benar-benar maknyuus. Ini dia lengkapnya:

Pertama-tama kita siapkan bahan dan bumbunya


Bumbu-bumbu yang penting untuk disiapkan:
-3 buah kunyit
-4 biji bawang putih (secukupnya)
-garam secukupnya
-daun sereh/serai secukupnya

Bahan-bahan nya :
-1/2 ekor daging ayam
-air putih 2 gelas
-boleh ditambahkan dengan telur bulat atau juga tahu

Cara memasak ayam ungkep


1. Uleg/haluskan semua bumbu (kecuali daun serai)
2. setelah halus, masukkan ke dalam panci ungkep
3. tambahkan 2 gelas air putih
4. aduk merata
5. masukkan satu persatu daging ayam
6. masukkan daun serai
7. aduk merata
8. cicipi ,bila kurang gurih bisa ditambahkan lagi garam dapur secukupnya
9. tutup panci
10. masak/ungkep selama 20 menit dengan nyala api yang terkecil (agar tidak hangus dagingnya)
11. setelah 20 menit, buka tutup panci, koyak dagingnya menggunakan garpu, bila mudah dikoyak dan terlihat serat dagingnya, itu artinya sudah matang
ayam ungkep siap dihidangkan
12. bila ingin menu ayam goreng, daging ayam ungkep tersebut bisa langsung digoreng.
13. Selamat menikmati.

Demikian tadi adalah resep ayam ungkep ala saya. Mudah dan cepat membuatnya. Butuh kesabaran saat mengupas bumbu, menguleg halus, membersihkan daging ayam, hingga memasak dengan teknik nyala api kecil. Namun itu semua terbayar dengan rasa masakan yang maknyuus lezat tak terkira. Oya, saya jarang menggunakan penyedap rasa apapun, semua murni dari bumbu dapur. Maksud saya agar badan kita terbebas dari bumbu-bumbu instan yang belum tentu aman bagi tubuh. Menu sehat ceritanya.

Bagi yang ingin mengetahui cara membuat brownies, disini  pun juga ada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Ayam Ungkep"

Post a Comment