Arem-Arem atau Lontong Isi

Arem-Arem
Arem-arem itu sebutan untuk jajanan pasar dari daerah jawa. Tapi di daerah jabotabek arem-arem lebih terkenal dengan nama lontong. Jajanan pasar ini kaya akan karbohidrat karena bahan dasarnya beras, sehingga cocok sebagai pengganti nasi. Lontong atau arem-arem sangat praktis sebagai bekal makanan karena makan 2-3 buah lontong seperti makan sepiring nasi. Tapi makanan ini termasuk kue basah sehingga tidak terlalu lama tahan di udara terbuka. Makanan ini hanya awet setengah hari ( sekitar 10 jam) saja di udara terbuka. Kalau anda akan bepergian jauh tidak ada salahnya anda mencoba membuat lontong sebagai bekal, karena selain mengenyangkan anda bisa langsung membuang bungkusnya tanpa perlu mambawa pulang bungkus atau wadah seperti jika anda membawa bekal nasi plus lauk-pauk. lebih ringkas bukan?

Bahan arem-arem


-500 gr beras
-1000 ml santan
-2 lembar daun salam
-4 butir kentang, potong kotak-kotak kecil
-2 buah wortel , potong kotak-kotak kecil
-3 sdm air kaldu
-2 batang daun bawang, iris halus
-0,5 ekor ayam -Beberapa lembar daun pisang

Bumbu arem-arem, haluskan


-4 butir bawang merah
-3 siung bawang putih
-0,5 sdt lada
-1 sdt garam

Cara membuat arem-arem atau lontong


1.Rebus ayam hingga matang, kemudian sisihkan ayamnya lalu ambil dagingnya dan suwir-suwir halus.
2.Cuci bersih beras kemudian rendam selama 0,5 jam.
3.Masak santan bersama daun salam dan beras lalu aroni hingga santan mengering. Matikan kompor dan sisihkan.
4.Sementara itu buat bahan isi : tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan 3 sdm air kaldu dan wortel. Tutup hingga wortel empuk. Tambahkan kentang, daun bawang dan ayam yang sudah disuwir-suwir. Masak sambil diaduk hingga matang dan air mengering. Tak lupa sesekali dicicipi. Jika kurang pas bisa ditambahkan garam kembali.
5.Ambil selembar daun pisang lalu letakkan 3 sdm beras yang sudah diaron, ratakan dan pipihkan. Masukkan 1 sdm bahan isi kemudian tutup kembali bahan isi dengan beras dan gulung memanjang seperti bentuk lontong. Lipat pada kedua bagian ujung daun singkong dan sematkan dengan lidi. Lakukan untuk semua bahan.
6.Jika semua bahan sudah dibentuk seperti lontong kemudian kukus selama 45 menit. Jika anda menyukai pedas, ketika menumis bumbu bisa ditambahkan 5 buah cabai merah yang sudah diiris halus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arem-Arem atau Lontong Isi"

Post a Comment